Tips Cerdas memilih Pemimpin Daerah

Dalam waktu dekat ini pemilihan pemimpin daerah serentak akan segera digelar. Melalui pemilihan ini diharapkan lahir pemimpin yang amanah, bertanggung jawab, dan dapat membawa perubahan kehidupan seluruh warga yang dipimpinnya menjadi lebih baik.

Mengingat hal tersebut, masyarakat tidak boleh salah dalam memilih pemimpin. Agar tidak salah dalam memilih, ada cara cerdas yang perlu diperhatikan dan ikuti agar tak salah memilih pemimpin.

1. Kenali calon pemimpin lebih dalam
Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai calon pemimpin yang akan anda pilih. Kenalilah bagaimana dia bersikap di masyarakat. Lihat latar belakang apa yang sudah dikerjakannya selama ini apakah dia orang yang berkualitas atau hanya biasa-biasa saja.

2. Dapat dipercaya
Seorang pemimpin haruslah dapat dipercaya sehingga dia tidak mungkin melakukan tindakan korup yang menguntungkan dirinya.

3. Memiliki visi dan misi yang jelas
Pilihlah pemimpin yang memiliki visi dan misi dan memiliki komitmen. Banyak calon pemimpin yang tak punya visi tidak tahu apa yang akan dia kerjakan jika kelak terpilih.

4. Memiliki sifat adil
Calon pemimpin yang baik adalah orang yang adil. Dia akan menempatkan segala sesuatu pada porsinya yang tepat, bukan karena alasan suka atau tidak suka atau karena alasan perbedaan misalanya suku atau agama.

5. Sosok yang bertanggung jawab
Sosok yang bertanggung jawab tidaklah hanya dalam ucapan saja tetapi juga dalam tindakan. Lihatlah apakah dalam kehidupan sehari-hari calon pemimpin yang akan anda pilih adalah memiliki sifat bertanggung jawab.

Ingat, kesalahan menentukan pilihan selama lima menit dalam bilik surat akan turut menentukan nasib kehidupan seluruh warga lima tahun mendatang.

About admin 102 Articles

Indramayu Online” ialah sebuah portal web berita dan artikel daring,
yang dikemas secara kreatif, informatif dan inspiratif.
“Indramayu Online” memberikan informasi seputar berita lokal di Indramayu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*