Mulai Sekarang, Pola Hidup Sehat Dengan Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang murah dan mudah dilakukan. Risiko yang ditimbulkan dari bersepeda pun lebih rendah dibandingkan olahraga lainnya. Anda mungkin tak perlu takut cedera saat bersepeda, asalkan lebih berhati-hati saat menaikinya. Tak hanya itu, manfaat bersepeda rutin, manfaat kesehatannya juga banyak.
Seperti dilansir menhealthsite, berikut ini beragam manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh Anda.

Meningkatkan Kesehatan Pada otot
Saat Anda mengayuh sepeda,Anda menggunakan semua kelompok otot utama Anda. Sehingga, hal ini sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan otot Anda. Pada gerakan mengayuh turun, otot kuadrisep di paha, dan otot gastrocnemius dan soleus di betis. Sedangkan pada gerakan mengayuh ke atas, Anda menggunakan otot hamstring di paha belakang dan otot fleksor di bagian depan pinggul. Tak hanya otot pada bagian bawah tubuh, otot perut, otot tangan, dan otot bahu juga digunakan saat bersepeda. Otot perut untuk menyeimbangkan posisi Anda tetap tegak. Sedangkan, otot lengan dan otot bahu menahan dan mengarahkan setang sepeda.

Menurunkan risiko berbagai penyakit
Mengayuh sepeda, dapat membantu memperlancar aliran darah, sehingga hal ini baik untuk kesehatan jantung, otak, paru-paru dan pembuluh darah. Dengan begitu, bersepeda juga dapat menurunkan resiko berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, diabetes mellitus tipe 2, stroke, penyakit jantung, dan kanker. Bersepeda dapat membuat Anda bernapas lebih dalam, berkeringat, dan meningkatkan suhu tubuh Anda, sehingga hal ini dapat meningkatkan kebugaran tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Sendi
Saat bersepeda, Anda meletakkan berat badan Anda pada sepasang tulang di pinggul, yakni tulang tuberositas ischia. Berbeda saat Anda berjalan, dimana berat Anda dibebeankan pada tulang kaki dan lutut. Hal ini membuat bersepeda dapat memberikan manfaat bagi orang yang mempunyai nyeri atau kekakuan sendi. karena pada saat bersepeda, Anda hanya akan memberimkan beban sedikit pada sendi di kaki yang sering mengalami nyeri atau kaku.

Meringankan stress
Selain bermanfaat bagi kesehatan, bersepeda dapat memicu pelepasan hormone endorfin, yakni hormone yang dapat membuat Anda merasa tenang dan senang. Dengan demikian, bersepeda bisa menjadi pilihan olahraga yang baik untuk meringankan stress, mencegah depresi dan juga kecemasan.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Saat Bersepeda, tubuh Anda tentu membakar kalori lebih banyak. Sehingga, hal ini dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Hal ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan, bersepeda dengan kecepatan sedang dan stabil, dapat membakar kalori sekitar 300 kalori per jam. Jika bersepeda dilakukan dua kali sehari, tentu ini dapat membakar kalori lebih banyak. Namun, hal ini tentu harus dikombinasikan pola makan yang sehat.

About admin 88 Articles

Indramayu Online” ialah sebuah portal web berita dan artikel daring,
yang dikemas secara kreatif, informatif dan inspiratif.
“Indramayu Online” memberikan informasi seputar berita lokal di Indramayu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*