Ini Tips Merawat Aki Mobil Yang Bijak

0

Indramayuonline.com –  Salah satu komponen penting yang ada di mobil adalah aki. Fungsinya adalah untuk menyupali arus listrik kendaraan di starter. Ada dua jenis aki yang beredar di pasaran yakni aki kering dan basah. Dari kedua jenis aki tersebut yang paling banyak dgunakan sekarang ini adalah aki kering, karena dari segi perawatan jauh lebih mudah ketimbang aki basah.

Bagi yang menggunakan aki kering pada mobil tidak perlu melakukan pengecekan sesering mungkin karena tidak menggunakan air. Meskipun aki kering bisa dikatakan bebas perawatan tapi tidak ada salahnya jika pemilik mobil untuk selalu mengecek tegangan listik pada aki minimal tiga bulan sekali.

Cara mengeceknya bisa menggunakan alat pengukur tegangan listrik DC baik digital maupun analog. Bila tidak memilikinya Anda bisa berkunjung ke bengkel.

Berbeda dengan aki kering, aki basah harus rutin diperiksa. Bagian utama yang harus dicek agar aki tetap bisa digunakan adalah kondisi air. Aki basah sangat tergantung pada air didalamnya, air dapat berkurang jika aki terus menerus digunakan. Jika air aki kurang dapat mengakibatkan suplai arus listrik terganggu atau tidak maksimal.

Aki basah memiliki lubang-lubang untuk mengisi air, bila air sudah berkurang pemilik mobil bisa mengisinya kembali dengan cairan khusus sesuai batas maksimal yang sudah ditentukan. (Riz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here