INI PERBEDAAN MENCOLOK ANTARA MAAG DAN ASAM LAMBUNG

Tak bisa dipungkiri jika rata-rata masyarakat Indonesia masih sulit untuk membedakan mana penyakit maag ataupun asam lambung. Hal ini disebabkan, karena kedua masalah tersebut terjadi di lambung dan jika diperhatikan sekilas, gejalanya hampir serupa.

Namun, bila ditelisik lebih jauh, kedua masalah tersebut cukup berbeda jauh. Walaupun benang merahnya tetap ada di bagian lambung. Dokter Spealis ahli Penyakit Dalam, Dr Ari Fahrial Syam SpPD, penyakit asam lambung dan maag itu sangat berbeda.

Perbedaan yang paling mencolok dari penyakit tersebut ialah jika penderita maag, mereka kondisi lambungnya mengalami luka. Sedangkan penderita asam lambung tak mengalami kondisi demikian.

“Tapi kebanyakan dari penderita asam lambung tentunya mengalami gangguan asam lambung” ujarnya saat ditemui di kawasan Jakarta beberapa waktu lalu.

Dr Ari menerangkan, kondisi gangguan asam lambung adalah ketika tubuh pada bagian perut seperti merasakan ada sesuatu yang ingin keluar. Berupa gas biasanya. Keluarnya melalui tenggorokan atau bagian atas tubuh. jadi, gas dalam perut seperti naik ke atas. Nah, kondisi demikian biasanya memberikan rasa panas di tenggorokan, nyeri, dan sesak napak pada beberapa orang.

Sedangkan, sakit maag adalah kondisi lambung seseorang yang merasakan nyerih atau perih berlebih. Sakit yang terjadi karena peradangan dalam lambung atau luka yang ada di lambung bereaksi dengan sesuatu yang Anda konsumsi. Atau bisa juga karena ada masalah di dalam tubuh.

“Ada yang perlu Anda perhatikan, sakit maag itu tak bisa disembuhkan 100 persen. Itu terjadi karena kondisi lambungnya sudah luka. Akan tetapi, gejalanya masih bisa diminimalisir dengan mengontrol pola makan maupun pola hidup yang lebih sehat. Berbeda dengan gangguan asam lambung atau GERD” tutur Dr. Ali.

About admin 102 Articles

Indramayu Online” ialah sebuah portal web berita dan artikel daring,
yang dikemas secara kreatif, informatif dan inspiratif.
“Indramayu Online” memberikan informasi seputar berita lokal di Indramayu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*