AWAS, MAKAN ES BATU DAN KUACI DAPAT MERUSAK GIGI ANDA

Sebagian orang di zaman modern saat ini, banyak sekali yang mengabaikan kesehatan giginya, dan mungkin Anda merupakan salah satunya. Cobalah renungkan kembali berapa kali Anda berpikir bahwa makanan atau minuman yang Anda konsumsi merusak gigi?

Mungkin saja hasilnya tak sebanding dengan berapa kali Anda berpikir apakah makanan dan minuman tersebut mempengaruhi berat badan Anda. Padahal, penting bagi Anda untuk mengetahui pasti makanan atau minuman apa yang tak baik untuk gigi.

Jangan sampai menunggu gigi Anda merasa ngilu dan baru ke dikter dan mencari tahu apa yang seharusnya tak Anda konsumsi. Dilansir dari Health, selain permen, inilah makanan lain yang dapat merusak gigi.

Es Batu

Coba, diantara Anda siapa yang sering menggigit es batu ketika minuman dingin yang Anda minum sudah habis? Pasti banyak yang suka melakukan kebiasaan tersebut. Dan mungkin banyak di antara Anda yang sudah tahu bahwa mengunyah batu es adalah hal yang tidak baik, apalagi untuk gigi. Email gigi dan es batu sama sama terdiri dari Kristal. Apabila kedua Kristal itu beradu, salah satunya bisa menyebabkan retak atau pecah. Kristal yang kemungkinan pecah adalah email pada gigi.

Buah Kering

Sebagian orang mungkin sangat menyukai buah kering yang mengandung banyak serat dan vitamin. Akan tetapi, buah kering dapat membawa masalah baru pada gigi Anda. Air yang dikeluarkan dari dalam buah membuat gula dan asam pekat tertinggal dalam buah.

Kandungan itu akan membuat buah menjadi lebih lengket. Buah kering akan mudah menempel di alur dan celah gigi Anda hal ini akan berakibat gula menempel menjadikan bakteri yang menghasilkan asam. Asam pada gigi melarutkan email dan menyebabkan gigi bisa berlubang.

Minuman Perasa dan Bermineral Tinggi

Air yang memiliki berbagai rasa dan bermineral tinggi, mengandung asma sitrat yang dapat menyebabkan erosi email. Email gigi yang hilang tak akan pernah kembali lagi. Hal ini membuat gigi lebih mudah keropos, lebih sensitive dan memiliki kemungkinan buruk, yakni membusuk.

Kuaci atau Biji Bunga Matahari

Memakan kuaci adalah suatu kegitan yang menyenangkan, pada saat Anda membuka cangkang kulit yang membungkus bijinya adalah suatu seni yang tak terpisahkan. Sebagian orang juga pasti lebih memilih menggigit, dibandingkan menggunakan tangan mereka untuk membuka cangkang kulitnya.

Namun, tahukah Anda? Menggigit cangkang kulit kuaci bisa merusak gigi karena teksturnya yang keras. Sedangkan kulit tak ada yang salah dengan biji kuaci karena mengandung banyak protein didalamnya.

Alkohol

Selain mengandung kadar yang berbahaya, alkohol juga banyak mengandung pewarna dan gula. Serta minuman ini juga membuat mulut menjadi kering. Mulut kering dapat membuat gigi lebih rentan untuk berlubang, dikarenakan produksi air liur yang sedikit. Gigi memerlukan air liur untuk menjaganya tetap bersih dan menetralkan mulut agar tak menjadi asam.

Vitamin Kunyah

Banyak orang tua yang memberikan anak mereka vitamin kunyah, agar daya tahan tubuh anaknya tetap terjaga. Padahal, vitamin kunyah lebih berbahaya dibandingkan dengan permen karena gulanya dapat menempel di gigi apabila tak dibersihkan. Lebih baik, Anda memberikan vitamin ke anak Anda dengan bentuk cair yang bisa dilarutkan ke makanan atau minuman.

Keripik Kentang

Keripik Kentang adalah salah satu camilan yang disukai banyak orang. Keripik kentang mengandung tepung kanji yang apabila tertinggal di gigi bisa berubah menjadi gula. Kemudian, gula tersebut bermetabolisme menjadi asam yang merusak email gigi. Ada baiknya setelah memakan keripik kentang Anda berkumur atau menyikat gigi agar taka da rempahan keripik yang tertinggal.

Minuman Berenergi

Selepas berolaharaga, banyak orang yang memilih untuk meminum minuman berenergi agar tubuh kembali bertenaga. Tak masalah jika minum tersebut, asal tak setiap hari, sebab, minuman berenergi atau minuman olahrga mengandung banyak gula yang dapat merusak gigi Anda. Minuman yang paling aman untuk dikonsumsi tetaplah air putih, selain steril, banyak minum air putih dapat membantu membersihkan sisa plak makanan yang tertinggal di dalam email dan gusi Anda.

About admin 102 Articles

Indramayu Online” ialah sebuah portal web berita dan artikel daring,
yang dikemas secara kreatif, informatif dan inspiratif.
“Indramayu Online” memberikan informasi seputar berita lokal di Indramayu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*