Adele Penyanyi Bersuara Kontralto

Indramayuonline.com – Siapa yang tak kenal Adele? Adele terlahir dengan nama lengkap Adele Laurie Blue Adkins di Tottenham, London, 5 Mei 1988. Ia adalah penyanyi jazz dan soul serta penulis lagu yang memiliki suara kontralto. Suara khas inilah yang membuat namanya melambung dan digandrungi remaja hampir di seluruh dunia.

Awalnya, para kritikus menyatakan bahwa vokalnya lebih berkembang dan menarik dari pada keterampilan menulis lagu. Adele setuju dengan pendapat itu. Album pertama Adele mengambil genre soul dengan lirik yang menggambarkan patah hati dan hubungan. Keberhasilannya terjadi bersamaan dengan beberapa penyanyi soul perempuan dari Inggris lainnya.

Hal ini digambarkan sebagai Invasi Musik Inggris ketiga di Amerika Serikat. Namun, Adele menyebut perbandingan antara dirinya dan penyanyi soul perempuan lainnya, memberitahu “kita adalah satu gender, bukan satu genre”.Pada awal 2009, pendengar dan kritikus mulai menggambarkan Adele sebagai seorang yang unik. All music menulis bahwa “Adele terlalu ajaib untuk membandingkannya dengan siapapun.” Penyanyi beken, Beyonce, menyebut Adele sebagai salah satu pengaruh untuk album ke empatnya.

Sejak album debutnya, 19, Adele telah menerima banyak pengakuan baik secara komersial dan kritis. Album tersebut memulai debutnya di nomor satu dan telah disertifikasi 4x platinum di Inggris. Pada Grammy Awards tahun 2009, Adele memenangkan penghargaan untuk Pendatang Baru Terbaik dan Penampilan Vokal Pop Terbaik.

Adele merilis album keduanya, 21 pada tanggal 24 Januari 2011 di Inggris dan 22 Februari di Amerika Serikat. Album ini sukses baik secara kritis dan komersial, menjual 208.000 kopi dalam minggu pertama di Inggris dan memulai debutnya pada nomor satu di UK Singles Chart, posisi tersebut berhasil bertahan selama enam belas minggu.

Di Inggris, 21 telah disertifikasi 10x Platinum untuk penjualansebesar 3 juta unit. Album ini memulai debutnya di nomor satu Billboard 200 di Amerika Serikat, menjual 352.000 kopi dalam minggu pertama. Album ini berada di nomor satu di tangga lagu 17 negara Eropa dan Amerika Serikat.

Setelah tampil di BRIT Awards, lagu “Someone Like You” mencapai nomor satu di Inggris, sementara album juga menetap di nomor satu. “Someone Like You” memegang posisi nomor satu selama empat minggu berturut-turut. Lagu ini juga telah menghabiskan 2 minggu di nomor satu tangga lagu Selandia Baru dan 5 minggu di nomor satu tangga lagu Australia. Official Charts Company mengumumkan bahwa Adele adalah artis hidup pertama yang mencapai prestasi atas lima hits baik di Official Singles Chart dan Official Albums Chart secara bersamaan sejak The Beatles pada 1964.

Album 21 telah menghabiskan sebelas minggu berturut-turut pada nomor satu di Inggris, terlama dari yang pernah ada oleh artis solo wanita pada UK Albums Chart, melebihi Madonna yang menetap selama sembilan minggu di nomor satu pada tahun 1990 dengan kompilasi hitsnya, The Immaculate Collection. Di Amerika Serikat, album ini telah menghabiskan total sebelas minggu di puncak Billboard 200. Album ini juga memecahkan rekor untuk unduh digital paling laris di Inggris.

/Wikipedia/Berbagaisumber

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*